Minggu, 26 Juni 2011

Ngaji : Tafsir Surat Al Fatihah

Kajian mengaji 2 minggu yang lalu adalah tafsir surat Al Fatihah. Tertarik untuk melihat di youtube. Ada nggak yah orang membaca Al Quran di youtube??? Subhanallah terrnyata ada dari beberapa video ada satu video yang membuat darahku berdesir dan entahlah secara tiba-tiba kok pengen nangis..... Yang baca itu shaid Al Khanderi....bagus banget.

Surat Al Fatihah atau surat pembuka adalah ummul kitab (al-ummu berarti dasar atau akar) karena surat ini membicarakan 3 tahapan keimanan yaitu (1) keyakinan dengan hati (2) ikrar dengan lisan (3) amal dengan anggota tubuh.
Secara ringkas kandungan surat al fatihah adalah....

(ayat 1)  : bismillahirohmannirrohim
adalah mengajarkan kepada kita setiap awal kita melakukan sesuatu hendaklah meminta bantuan Allah. 
Lalu Allah berfirman," Hamba Ku memulai dengan menyebut nama Ku, maka pantas bagiku untuk menyelesaikan urusan-urusannya dan memberkati segalanya".
(Dalam hati," wah...mudah sekali dengan mengucap bismillahirohmannirohim....Allahpun memudahkan segala urusan kita. Tapi kok yah, aku kadang-kadang lupa walaupun sudah diniatkan. Hehehheehe....)

(ayat 2)  : Al-Hamdulillahi Rabbil alamin
adalah mengajarkan kepada kita untuk mengembalikan segala kenikmatan dan  
pemeliharaan kepada Allah SWT dan menyadarkan kepada kita bahwa sebenarnya segala karunia berasal dari Allah.
maka Allah berfirman," Hamba Ku memuji Ku dan meyakini bahwa kenikmatan-kenikmatan yang ada padanya berasal dari Ku dan musibah-musibah yang aku hindarkan darinya karena jasa Ku. Aku meminta kesaksian (wahai para malaikat), bahwa aku akan menambahkan untuknya, selain kenikmatan-kenikmatan dunia, kenikmatan-kenikmatan akhirat dan akan aku hindarkan darinya siksaan siksaan akhirat seperti Aku lepaskan darinya musibah-musibah dunia."
(Sambil mengangguk-angguk mendengarkan penjelasan ustadzahnya, dalam hatiku berkata...Wah selama ini ternyata aku sombong yah. Semua keberhasilan-keberhasilan yang kulakukan buat diri sendiri dan buat orang  lain adalah karena hasil usahaku...Sombongnya aku...padahal itu semua karena karunia Allah. Astagfirullahal adzim..... )

ayat 3  : Ar rahman ar Rahim
adalah menjelaskan  bahwa sesungguhnya ciptaan, pemeliharaan dan kekuasaan Allah berdiri atas dasar rahmat dan rahmaniyah. Prinsip ini membentuk poros yang mendasar bagi kelangsungan alam raya.
maka Allah berfirman," Hamba Ku bersaksi untuk Ku, bahwa Allah maha pengasih dan Maha Penyayang. Saksikanlah bahwa Aku benar-benar akan melimpahkan belas kasih Ku dan Aku perbanyak pemberian Ku untuk-Nya."
(Asik.....dengan memaknai ayat ketiganya aku akan mendapatkan berlipat-lipat kasih sayang-Nya. Amin....)

(ayat empat) : Maliki yawmiddin
Adalah perenungan akan hari akhirat dan hari pembalasan yang keduanya dibawah kekuasaan Allah.
Allah berfirman," Aku meminta kesaksian dari kalian seperti yang dia akui bahwa Aku adalah pemilik hari pembalasan, akan Aku permudah perhitungannya di hari pembalasan, akan aku terima kebaikan-kebaikanya dan akan Aku ampuni kesalahan-kesalahannya."
(Wuihh ngerinya....judgement day.....Takut....Ya Allah ampunilah segala dosa-dosaku)

(Ayat lima) : Iyyaka na'budu wa iyyakana nasta'in
Menjelaskan tentang tauhid ibadah dan tauhid dalam meminta bantuan.
Jika dia mengucapkan Iyyaka na'budu, maka Allah berfirman," Hamba Ku benar. Hanya kepada-Ku dia menyembah. Aku minta kesaksian dari kalian bahwa Aku benar-benar akan memberikan kepadanya, karena ibadahnya, pahala yang membuat setiap orang yang tidak menyembah Ku iri hati kepada-Nya."
(Hoho.....setiap amal ibadah yang aku lakukan harus lillahi ta'ala.....)
Jika dia mengucapkan wa Iyyaka nasta'in, maka Allah berfirman." Hanya Kepada Ku hamba Ku meminta bantuan dan hanya kepada Ku dia berlindung. Aku minta kesaksian dari kalian bahwa aku benar-benar akan membantu urusannya, Aku akan menolong dari kesulitan-kesulitannya dan aku akan menyelematkannya dari malapetaka."
(Aku berbisik dalam hati...Ya Allah semua urusanku aku gantungkan kepada Mu....)

(ayat enam) : Ihdinash shirathal mustaqim sirothal laji na an am ta'alaihim. Ghoirilmagdu bi'alaihim waladdollin.....
Menjelaskan kebutuhan dan kemauan manusia untuk mendapatkan petunjuk dan menegaskan bahwa segala bentuk hidayah berasal dari Allah.
Allah berfirman," Inilah hamba Ku dan bagi hamba-hamba Ku apa yang dia minta. Sungguh aku pasti mengabulkannya dan Aku pasti akan mengamankannya dari apa yang dia takuti.
(Ihhh...seramnya jika aku tidak mendapatkan petunjuk dari Allah. Pasti tersesat nih.....)

Surat Al Fatihan ini merupakan ringkasan tentang keimanan dan amal.....
(wow....!!!!)

Sumber: Tafsir Al-Amtsal dari Syaikh Nashir Makarim Syirazi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar